• Kantor Pusat
  • Phone +62 21 3142981
  • Tanah Abang- Jakarta
  • Newyork Office
  • London Office
  • Tokyo Office
  • Phone +012 345 6789
  • Cargo Hub, NY 10012, USA
  • Phone +099 222 1111
  • Cargo Hub, LD 32614, UK
  • Phone +098 765 4321
  • Cargo Hub, Tokyo 32614, Japan
31 Jan

Tol Akses Pelabuhan Patimban Strategis Bagi Logistik – Supply Chain Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan Jalan Tol Akses Pelabuhan Patimban di Jawa Barat strategis bagi mobilitas logistik. “Tol ini sangat strategis, tidak hanya arus logistiknya saja, tetapi juga untuk mengendalikan trafik di Jakarta ke arah baratnya. Jadi produk-produk di sebelah timur tidak perlu ke barat dulu untuk

31 Jan

RI Harus Lebih Diversifikasi Pasar Ekspor dan Impor – Supply Chain Indonesia

JAKARTA – Pemerintah diminta terus memperluas hubungan dagang dengan banyak negara, bukan hanya bergantung pada negara-negara tertentu seperti Tiongkok dan Amerika Serikat (AS). Pentingnya memperluas mitra dagang tersebut agar Indonesia tidak mudah tertular dampak dari kondisi perekonomian di negara mitra tersebut. Pengamat ekonomi dari Universitas Airlangga Surabaya, Imron Mawardi, di Surabaya, Senin (29/1), mengatakan Tiongkok

30 Jan

Sistem Logistik Terintegrasi untuk Mendukung Program Hilirisasi – Supply Chain Indonesia

Oleh: Setijadi, S.T., M.T., IPM. CEO | Supply Chain Indonesia Pemerintah terus mengembangkan program hilirisasi sektor pertambangan. Setelah keberhasilan hilirisasi komoditas nikel, pemerintah akan mendorong hilirisasi mineral lainnya, seperti tambaga, aluminium, dan bauksit. Pemerintah juga akan melakukan hilirisasi sektor pangan. Program hilirisasi merupakan salah satu cara Indonesia menjadi negara industrialis untuk mendorong peralihan dari negara

30 Jan

Impor dan Digitalisasi UMKM Semu – Supply Chain Indonesia

Melalui digitalisasi, UMKM kita diharapkan bisa menjadi bagian dari ekosistem produksi dalam negeri. Namun, yang terjadi, UMKM kita ternyata justru hanya menjadi mitra penjual (reseller) produk impor (Kompas, 25/1). Akibatnya, nilai tambah terbesar bukan dinikmati pelaku industri dalam negeri, melainkan produsen produk impor di negara asal. Serbuan produk impor—legal maupun ilegal—yang mende- sak produk lokal merupakan fenomena yang sudah lama dikeluhkan

30 Jan

Jalan Tol Ruas Kartasura-Klaten-Purwomartani Ditargetkan Rampung September 2024 – Supply Chain Indonesia

JALAN TOL – JAKARTA. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono eninjau progres pembangunan Jalan Tol Yogyakarta – Solo. Ruas Kartasura-Klaten sudah dapat digunakan secara fungsional sepanjang 22,3 km, sedangkan ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 3 km dari total 20 km ditargetkan siap untuk mendukung arus mudik Lebaran tahun 2024.  Secara keseluruhan, ruas  Kartosuro – Klaten

26 Jan

Mudahkan Perizinan, Kementerian KKP Buka Layanan “On The Spot” di Rembang – Supply Chain Indonesia

REMBANG – Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, membuka layanan pendampingan dan pelayanan perizinan di tempat (on the spot) di Kabupaten Rembang, mulai 24-26 Januari 2024. Layanan dibuka mulai pukul 09.00 WIB sampai selesai, di Rumah Makan Pantai Indah Sarang. Saat ditemui di rumah makan pantai Indah Sarang, Rabu (24/1/2024), Alfandi Yasa dari Direktorat

26 Jan

Dukung Implementasi SSm QC, Bea Cukai Berikan Sosialisasi – Supply Chain Indonesia

Bea Cukai Gresik sosialisasikan penerapan Single Submission Quarantine Customs (SSm QC), pada Rabu (24/01/2024), bertempat di aula Bea Cukai Gresik.  Kegiatan sosialisasi turut dihadiri oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gresik, Karantina Wilker Gresik, dan pengguna jasa. Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Gresik, Eko Rudi Hartono, mengungkapkan bahwa pengembangan layanan SSm

26 Jan

Hilirisasi Perlu Konektivitas Logistik yang Terintegrasi – Supply Chain Indonesia

Pemerintah terus mengembangkan program hilirisasi sektor pertambangan. Setelah keberhasilan hilirisasi komoditas nikel, pemerintah akan mendorong hilirisasi mineral lainnya, seperti tembaga, aluminium, dan bauksit. Pemerintah juga akan melakukan hilirisasi sektor pangan. Program hilirisasi merupakan salah satu cara Indonesia menjadi negara industrialis untuk mendorong peralihan dari negara berkembang menjadi negara maju. CEO Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi

25 Jan

Biaya Logistik Ekspor Naik 10 Persen – Supply Chain Indonesia

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Konflik di Laut Merah berdampak pada arus ekspor yang dilakukan pengusaha Indonesia. Ketua Umum Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Benny Soetrisno mengatakan, konflik di Laut Merah berdampak pada naiknya harga angkut ekspor ke negara negara tujuan. Seperti ke negara–negara Mediterania dan Eropa. Benny mengakui bahwa rute pengiriman barang saat ini melalui Tanjung Harapan

25 Jan

Hutama Karya Rampungkan Pembangunan 951 Kilometer Jalan Tol Trans Sumatera – Supply Chain Indonesia

TEMPO.CO, Palembang – PT Hutama Karya (Persero) pada tahun 2023 lalu telah menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 951 kilometer. Direktur Utama Hutama Karya, Budi Harto, menyatakan kinerja positif perusahaan di antaranya disumbang dari keikutsertaan dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut.  Adapun deretan jalan tol yang selesai pembangunannya sepanjang tahun 2023 meliputi: Jalan Tol Sigli Banda – Aceh Seksi 5