• Kantor Pusat
  • Phone +62 21 3142981
  • Tanah Abang- Jakarta
  • Newyork Office
  • London Office
  • Tokyo Office
  • Phone +012 345 6789
  • Cargo Hub, NY 10012, USA
  • Phone +099 222 1111
  • Cargo Hub, LD 32614, UK
  • Phone +098 765 4321
  • Cargo Hub, Tokyo 32614, Japan
05 Sep

Usulan Semen Indonesia Untuk Penyelesaian ODOL – Supply Chain Indonesia


SHNet, Jakarta-Penerapan Zero ODOL (Over Dimension Overload) dipastikan akan menyebabkan populasi armada akan bertambah. Armada-armada ini  akan memenuhi jalan-jalan raya dan akan menambah crowded dan second time pengiriman.

Hal itu disampaikan General Manager Transportation Management Semen Indonesia Group, Achmad  Nuril baru-baru ini. Dengan kondisi normal sekarang saja di mana Zero ODOL belum dilaksanakan sepenuhnya, katanya, pengirimannya misalnya di pulau Jawa atau di Jawa Timur saja bisa memakan waktu dua hari. “Nanti, pada saat Zero ODOL dijalankan, semua komoditi akan menggunakan unit armada dimana kapasitasnya akan turun 50 persen. Artinya, kendaraannya nanti akan bertambah dua kali lipat dan akan mengokupasi jalan raya. Dampaknya, populasi dan second timenya akan semakin panjang,” ujarnya.

Dari sisi biaya pasti, semuanya pasti akan naik. Menurut Nuril, semua pabrik dan industri juga pasti akan berhitung terkait kenaikan biaya ini. Tapi, apa kemudian itu dari sisi konsumen paham atau tidak, itu pasti mekanisme pasar yang akan menentukan. “Yang jelas, operasional pasti naik dan penyediaan armada serta second time pengirimannya akan lebih panjang,” katanya.

Karenanya, Semen Indonesia mengusulkan agar ada perbaikan kualitas jalan dalam jangka panjang. Hal itu menurut Nuril bertujuan supaya kendaraan-kendaraan besar itu bisa jalan jauh dengan lebih baik. Karena, untuk mengurangi biaya penambahan armada akibat kebijakan Zero ODOL, industri pasti akan banyak yang menggunakan trailer. “Saat ini kan nggak banyak jalan yang dilewati trailer. Nah, kalau misalnya nanti pemerintah itu menjamin membangun jalan-jalan dengan kualitas kelas 1, kendaraan-kendaraan itu bisa berlalu lalang dan akan banyak membantu. Itu jangka panjangnya begitu,” tuturnya.

Dalam jangka pendek, kata Nuril, mungkin dengan mempermudah izin keluaran armada. Sekarang ini, dia mendapatkan informasi bahwa pengadaan armada itu sangat sulit.  “Informasinya kan pengadaan armada banyak yang nggak gampang. Jadi, teman-teman tambah armada itu juga lama. Proses pengadaan itu bisa saja proses dia belinya atau proses pengurusan administrasinya sehingga layak jalan di jalan raya,” ungkapnya.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.sinarharapan.net/usulan-semen-indonesia-untuk-penyelesaian-odol/

Salam,
Divisi Informasi

Komentar

comments