• Kantor Pusat
  • Phone +62 21 3142981
  • Tanah Abang- Jakarta
  • Newyork Office
  • London Office
  • Tokyo Office
  • Phone +012 345 6789
  • Cargo Hub, NY 10012, USA
  • Phone +099 222 1111
  • Cargo Hub, LD 32614, UK
  • Phone +098 765 4321
  • Cargo Hub, Tokyo 32614, Japan
16 Nov

Strategi KAI Logistik Membangun Ekosistem Digital – Supply Chain Indonesia


Direktur Utama KAI Logistik TLN Ahmad Malik Syah menyebutkan bahwa untuk memfasilitasi layanan logistik secara terpadu, saat ini PT Kereta Api Logistik atau KAI Logistik telah membangun sejumlah infrastruktur jasa logistik, antara lain: terminal kereta api barang di Jakarta, Karawang, Semarang dan Surabaya dan Fasilitas Loading/Un-loading Batubara di Sumatera Selatan.

Selain itu, KAI Logistik Express telah hadir di 140 titik di sejumlah kota seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan kota lainnya di pulau Jawa, Bali dan Sumatera. Perusahaan ini pun melakukan diferesiensi dan segmentasi untuk setiap produk yang ditawarkan.

Direktur Utama KAI Logistik TLN Ahmad Malik Syah mengungkapkan, ada tiga layanan Kalog Express untuk layanan kuris dan logistik. “Kalog Plus untuk mengakomodir kebutuhan layanan logistik dengan penanganan yang lebih khusus. Terakhir, ada Kalog Pro dengen segmentasi korporasi dan menawarkan one stop logistic service, katanya dalam acara Indonesia Digital Ecosystem Summit 2023 yang diselenggarakan oleh SWA, beberapa waktu lalu.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat KAI Logistik membangun digital ekosistem stretegis yang didasari pada value creation digital ecosystem seperti eksplorasi sumber pendapatan baru, intregasi data, point product, dan kolaborasi antar perusahaan.

“Adapun latar belakang yang mempengaruhi dalam membangun ekosistem digital di KAI Logistik seperti perubahan perilaku konsumen, efesiensi dan inovasi produk dan layanan dengan memakai teknologi yang andal masyarakat bisa mencoba layanan self-service kami,”tambahnya

Digital Ecosystem membawa manfaat banyak bagi berbagai pemangku kepentingan. “Tentunya kami dapat meningkatkan efesiensi operasional melalui otomisasi penggunaan alat digital dan integrasi data. Mendorong inovasi dan kolaborasi, ekosistem digital memberikan platform bagi inovasi dan kolaborasi antara berbagai pemangku kepentingan. Pengembang aplikasi dapat berkolaborasi dengan bisnis untuk menciptakan solusi baru. Konsumen juga dapat memberikan umpan baik yang berharga untuk pengembangan aplikasi yang lebih baik,” ujarnya.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://swa.co.id/swa/trends/strategi-kai-logistik-membangun-ekosistem-digital

Salam,
Divisi Informasi

Komentar

comments