• Kantor Pusat
  • Phone +62 21 3142981
  • Tanah Abang- Jakarta
  • Newyork Office
  • London Office
  • Tokyo Office
  • Phone +012 345 6789
  • Cargo Hub, NY 10012, USA
  • Phone +099 222 1111
  • Cargo Hub, LD 32614, UK
  • Phone +098 765 4321
  • Cargo Hub, Tokyo 32614, Japan
06 Feb

Komitmen Logistik E-commerce Mengakselerasi Pertumbuhan UMKM di Indonesia – Supply Chain Indonesia


Transportasi.co | Sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) selalu berperan dalam menggerakkan ekonomi di Indonesia, melalui kegiatan usaha yang mencakup berbagai jenis usaha, seperti jasa, perdagangan, manufaktur atau produksi. Untuk mendukung bisnis UMKM, logistik memainkan peran penting, dengan fokus pada pengelolaan inventori, baik aliran barang masuk (inbound logistics), aliran barang keluar atau distribusi (outbound logistics), dan bahkan aliran barang balik (reverse logistics).

Perkembangan bisnis industri pos dan kurir sebagai salah satu lini bisnis logistik dalam beberapa tahun terakhir semakin meningkat, terutama dipicu dengan peningkatan aktivitas perdagangan online (e-commerce).  Model bisnis electronic commerce (e-commerce) sejatinya ditopang 3 pilar utama, yaitu: sourcinge-market place, dan last mile delivery.

Zaroni, Senior Konsultan Supply Chain Indonesia (SLI), mengatakan, UMKM dapat menggunakan model bisnis e-commerce untuk mendorong pertumbuhan usahanya. “Model bisnis e-commerce yang menjangkau sasaran pasar lebih luas, mampu memperluas akses pasar produk-produk UMKM,” ujar Zaroni, kepada transportasi.co, Jumat (2/2/2024). 

Zaroni menambahkan, sasaran dari aktivitas sourcing adalah mendapatkan barang-barang dari merchant atau supplier untuk diperdagangkan secara online. “Aktivitas sourcing dilakukan melalui kolaborasi dengan merchant atau supplier sebagai pemilik barang. UMKM akan mudah mendapatkan pasokan bahan baku yang diperlukan untuk produksi melalui online sourcing ini,” terang dia.

Lanjut dia, e-market place, berperan sebagai “warung online” yang menjajakan produk-produk UMKM dalam website secara menarik. “Sementara aktivitas last mile delivery menjadi pilar penting untuk memastikan pengiriman produk-produk UMKM yang dipesan konsumen dapat diserahkan dengan tepat waktu, tepat produk, tepat kuantitas, tepat harga, tepat penerima, dan tepat kualitas,” ucap Zaroni.

Sumber dan berita selengkapnya:
https://transportasi.co/detail/8176/komitmen-logistik-ecommerce-mengakselerasi-pertumbuhan-umkm-di-indonesia

Salam,
Divisi Informasi

Komentar

comments