• Kantor Pusat
  • Phone +62 21 3142981
  • Tanah Abang- Jakarta
  • Newyork Office
  • London Office
  • Tokyo Office
  • Phone +012 345 6789
  • Cargo Hub, NY 10012, USA
  • Phone +099 222 1111
  • Cargo Hub, LD 32614, UK
  • Phone +098 765 4321
  • Cargo Hub, Tokyo 32614, Japan
23 Jul

Fasilitas Penanganan Barang untuk Pengangkutan Batu Bara dengan Kereta Api – Supply Chain Indonesia


Oleh: Arkan Muhammad Faizulhaq
Junior Consultant
Supply Chain Indonesia

Dalam melakukan aktivitas pengangkutan barang menggunakan kereta api, diperlukan dukungan infrastruktur logistik yang memadai. Menurut Rifna dan Prasetya (2016), peralatan dan infrastruktur berperan besar pada proses ini, seperti di industri batu bara, pada proses bongkar muat batu bara harus mengintegrasikan alat loading, seperti conveyor belt, dump truck, excavator, dozer, wheel loader, dll. Fasilitas yang memadai juga diperlukan untuk menunjang proses bongkar muat, seperti terminal barang yang tersebar di sejumlah kota untuk memudahkan pelayanan, tempat penumpukan kontainer, transit pengiriman kontainer, kegiatan stripping/stuffing, clean dan repair container, tempat penyimpanan sementara (TPS/DP3), dan jasa pergudangan.

Fasilitas Penanganan Bongkar Muat untuk Komoditas Batubara

Proses loading/unloading muatan batu bara perlu mengintegrasikan beberapa alat. PT Keret6a Api Logistik (Kalog) menggunakan dua mekanisme sistem bongkar dan angkut, yaitu reach stacker dengan dump truck dan gantry crane yang terhubung dengan belt conveyor system dan shiploader (Wijaya & dkk, 2020).

Peralatan bongkar muat yang digunakan adalah:

  • Gantry crane
    Gantry crane merupakan hoist crane yang memiliki empat kaki beroda dan bergerak di atas rel. Jenis hoist crane ini mengguntungkan bagi para pengusaha karena dapat digunakan indoor maupun outdoor. Gantry crane diporeasikan menggunakan remote control oleh operator. Alat ini digunakan untuk mengangkat beban dari suatu tempat ke tempat lainnya, seperti di pelabuhan untuk proses bongkar muat peti kemas.

    Bagian Gantry Crane (Vivian, 2021) antara lain:
    1. Girder berfungsi sebagai penopang mesin pada gantry crane yang terdiri dari dua balok yang sejajar.
    2. Hoist merupakan mesin yang dilengkapi hook untuk mengangkat bebas. Hoist dapat bergerak secara horizontal dan bagian hook dapat bergerak secara vertikal.
    3. Kaki Gantry Crane berfungsi sebagai tiang penyangga yang terhubung pada balok dan roda.
    4. Control Room merupakan tempat pengoprasian gantry crane yang dapat mengontrol pergerakan crane untuk mengangkat dan menurunkan barang.

Sumber: www.hoistmagazine.com

  • Reach Stacker
    Reach Stacker merupakan yang digunakan untuk mengangkat dan memindahkan barang dengan jangkauan yang relatif terbatas. Reach stacker dapat mengangkit kontainer dengan relatif cepat dan dapat menyusun kontainer dengan berbagai posisi. Alat ini memiliki mekanisme gerak secara memanjang, meninggikan lengan pengangkat, dan memindahkan peti kemas. Reach Stacker memiliki kapasitas pengangkatan beban sebesar 40 ton.

Sumber: www.master-container.co.id

Bagian-bagian Reach Stacker (Basir, 2017) antara lain:

  1. Spreader berfungsi sebagai penjepot peti kemas. Terdapat komponen twist lock pada bagian ini yang berguna untuk mengunci peti kemas.
  2. Lengan/boom merupakan lengan yang berfungsi sebagai pengangkat beban untuk menjangkau tempat yang tinggi.
  • Rare dump truck
    Rare dump truck merupakan alat untuk mengangkut dan memindahkan material dengan kapasitas muatan yang besar. Alat ini memiliki sistem hidrolik untuk membuka bagian bak. Dump truck memiliki dua mekanisme kerja, yaitu gerakan jalan untuk memindahkan muatan dari suatu tempat ke tempat lain dan gerakan dumping yang berfungsi menumpahkan muatan dengan menggunakan sistem hidrolis.

    Berdasarkan cara pembongkaran muatannya, dump truck dibagi menjadi end dump atau rear dump yang cara pengosongan bak muatan dibuang kebelakang, side dump yang cara pengosongan bak muatan dibuang ke samping, dan bottom dump yang cara pengosongan bak muatan dibuang ke bawah. Pemilihan jenis dump truck berdasarkan cara pembongkaran muatan bergantung pada muatan yang akan di muat.

Sumber: www.arparts.id

  • Belt Conveyor System
    Belt conveyor system merupakan sistem pemindahan material sepanjang arah horizontal atau dengan sudut kemiringan tertentu dalam suatu line proses produksi. Belt conveyor system memiliki kapasitas sebesar 500 s.d. 5000 m3/jam. Komponen utama alat ini merupakan sabuk yang berada di atas roller penumpu. Pada pengoprasian konveyor, sabuk menggunakan tenaga penggerak berupa motor listrik dan sabut akan bergerak melintasi roller-roller dengan kecepatan sesuai dan gear penggerak.

Sumber: www.jignesheng.com

  • Coal Travelling Hooper
    Coal travelling hooper merupakan alat yang digunakan bersamaan dengan gantry crane. Coal travelling hooper berfungsi sebagai media penuangan batu bara dari crane dan alat ini digunakan untuk memindahkan batu bara dari kapal atau kereta api ke tempat penyimpanan batu bara dengan kapasitas yang besar dan cepat.

Sumber: www.linkedin.com/pulse

  • Rotary Car Dumper
    Beberapa perusahaan menggunakan sistem RCD (Rotary Car Dumper) pada proses bongkar muatan batu bara. Penggunaan sistem RCD bekerja dengan menumpahkan batu bara dari gerbong dengan memutar gerbong hingga 160 derajat. RCD digerakan oleh motor listrik dan terdapat unite vertical wagon holding dan horizontal wagon holding yang berfungsi untuk menjepit dan meluruskan gerbong kereta agar tidak terjadi pergerakan saat gerbong diputar (Isnaeni dkk, 2021).

Sumber: www.civmec.com.au

10 Juli 2023

Referensi:

Rifni, Muhammad & Prasetya, Oce (2016). “Kapasitas Infrastruktur Angkutan Kereta Api Logistik.”

Kuswanto, Hendrik W. & Hariyandi S. (2014). “Perhitungan Keandalan Blet Conveyor System untuk Alat Angkut Pasir Cetakan di PT Barata Indonesia.”

Basir, Ach. (2017). “Analisis Waktu Perawatan Alat Berat Reach Stacker di PT Mitra Dharma Laksana Surabaya.”

Vivian, Alvin. 2021. “Gantry Crane – Fungsi, Jenis, Bagian.” Diakses pada 3 Juli 2023 melalui https://wira.co.id/gantry-crane/

PT Kereta Api Indonesia. “Penanganan Batu Bara.” Diakses pada 3 Juli 2023 melalui https://kalogistics.co.id/service/batubara

Wijaya, Hervin, Ridwan, Ari Y., & Setyawan, Erlangga B. “Simulasi Sistem Bongkar Kereta Batu Bara PT Kalog untuk Meminimasi Waktu Tunggu Kereta di Stasiun Kertapati.”

Isnaeni, Kemas M., Hariyanto, Febri, & Cahyadi, Roby. Analisa Troubleshooting Pada Rotary Car Dumper dan Pengaruhnya Terhadap Waktu Pembongkaran Batubara di Unit Pelabuhan Tarahan PT Bukit Asam, Tbk.

*Isi artikel merupakan pemikiran penulis dan tidak selalu mencerminkan pemikiran atau pandangan resmi Supply Chain Indonesia.

Download artikel ini:

  SCI – Artikel Fasilitas Penanganan Barang untuk Pengangkutan Batu Bara dengan Kereta Api (535.5 KiB, 21 hits)

Komentar

comments