JAKARTA – Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero mengimbau para pelaku UMKM untuk fokus menggenjot penjualan mereka demi meminimalisir dampak dari kenaikan biaya layanan lokapasar (marketplace).
Pernyataan itu disampaikan Edy merespons pertanyaan terkait pengumuman Tokopedia yang akan menaikkan biaya layanan mereka mulai dari 2 persen hingga 6,5 persen per 1 Mei 2024.
Edy mengakui bahwa keputusan tersebut menimbulkan kekhawatiran bagi para pelaku UMKM karena kenaikan biaya layanan ini dapat berdampak pada keuntungan mereka.
Namun, alih-alih menaikkan harga produk mereka, pelaku UMKM diimbau untuk menggenjot volume penjualan apalagi Tokopedia yang kini sudah merger dengan Tiktok adalah pasar yang besar dan potensial bagi UMKM.
“Oke tidak apa-apa biaya layanannya naik 5 persen, tetapi bagaimana saya menggenjot penjualan saya, yang tadinya 1.000 buah, bisa tidak saya menjual jadi 2.000. Sehingga secara kualitas dan kuantitas akan menghasilkan keuntungan yang cukup,” ujarnya, dikutip dari Antara, Rabu 24 April.
Sumber dan berita selengkapnya:
https://voi.id/ekonomi/375667/biaya-layanan-ecommerce-naik-umkm-diimbau-fokus-genjot-penjualan
Salam,
Divisi Informasi